Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Diponegoro (Undip) telah melepas 83 mahasiswa dari International Undergraduate Program (IUP) dan Program Reguler dalam acara Pre Departure atau pra pemberangkatan pada Jumat (14/7/2023) yang dilaksanakan di FEB Undip Gedung Dekanat ruang sidang utama.

Nantinya 83 mahasiswa tersebut akan melaksanakan International Exposure dengan program bergengsi seperti Double Degree, dimana akan memberikan kesempatan kepada 34 mahasiswa untuk memperoleh dua gelar sekaligus dari universitas mitra di luar negeri. Credit Transfer System (CTS), yang memungkinkan mereka mengambil beberapa mata kuliah di universitas mitra untuk diakui sebagai bagian dari kurikulum studi mereka di FEB Undip. Short Course/Summer School, dan IISMA (Indonesian International Student Mobility Awards).

Adapun 83 mahasiswa tersebut berasal dari beragam Prodi: Manajemen 49 Mahasiswa, Akuntansi 32 Mahasiswa, dan Ilmu Ekonomi 2 Mahasiswa. Dimana mereka akan tersebar ke berbagai kampus top dunia seperti; National United University (Taiwan), Monash University (Australia), Universiti Malaya (Malaysia), Saxion University of Applied Sciences (Belanda), University of Birmingham (United Kingdom), Montpellier Business School (Prancis), dll.

Acara pra pemberangkatan mahasiswa berprestasi yang dilaksanakan secara hybrid luring (zoom meeting) dan daring ini diawali oleh dekan FEB Undip, Prof. Suharnomo memberikan sambutan dan semangat kepada para mahasiswa yang akan menempuh perjalanan akademik internasional.

Beliau menyampaikan “Kami sangat bangga dengan prestasi mahasiswa-mahasiswa kami yang terpilih untuk mengikuti kegiatan International Exposure ke universitas-universitas ternama di berbagai belahan dunia. Satu hal yang saya tekankan disini agar kalian semua selalu kompak dan saling support sesama mahasiswa FEB Undip dan beradaptasilah dengan baik di lingkungan yang baru, serta bangunlah networking kalian ketika sudah berada di luar negeri.”

Adapun Afina Hasya, S.T, M.M selaku koordinator kantor urusan Internasional (International Office) FEB Undip, menjeleskan hal-hal yang penting untuk para mahasiswa dalam mempersiapkan dokumen-dokumen penting yang dibutuhkan pribadi, kampus, ataupun kampus mitra sebelum keberangkatan.

Acara pra keberangkatan kali ini turut menghadirkan Benz Arya, alumnus program International Undergraduate Program (IUP) dimana sebelumnya telah wisuda dari Undip dan Saxion University, Enschede, Belanda.

Keberangkatan 83 mahasiswa FEB Undip ini merupakan bagian implementasi FEB Undip sebagai World Class University (WCU) yang selalu berkomitmen terhadap tujuan-tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs), khususnya dalam bidang pendidikan dan kerjasama internasional. Selamat dan sukses dalam menjalani petualangan akademik, para mahasiswa FEB Undip! Semoga kalian dapat meraih prestasi gemilang dan kembali sebagai agen perubahan untuk masa depan bangsa.