+6224-76486841 / 76486850 feb@live.undip.ac.id

Hari ini (13/03) Kampus Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro menjadi tempat untuk acara Prime Topic on Campus, Acara ini dilaksanakan di Hall Gd. C lantai 4 FEB Undip Tembalang.

Acara talkshow yang bertema “Modal Beres Usaha Sukses”, menghadirkan narasumber Asfirla Harisanto (Komisi C DPRD Jateng), Adi Nugroho (Dirut Jamkrida Jateng) dan Dr. Suharnomo (Dekan FEB Undip). Acara yang digelar secara live ini di-moderator-i oleh A. Prasetyobudi (Jurnalis, Host, Radio Broadcaster).

Pembicara awal Asfirla Harisanto memaparkan Jamkrida Jateng yang berumur beberapa bulan dari saat didirikan sampai sekarang sudah memberikan dividen sebesar 1,5 milyar, ini merupakan pendapatan daerah yang cukup besar. Jamkrida juga sebagai lembaga penyalur LPDP dari pemerintah pusat dalam membantu modal untuk UMKM yang tidak memiliki modal.

“UMKM tidak memiliki “bapak”, menjadikan Jamkrida sebagai pengayom dan pengarah UMKM dalam menjalankan usaha”, ungkap Asfirla Harisanto.

Di kesempatan sesi kedua, Adi Nugroho menjelaskan tentang Peran Jamkrida Jateng yaitu menjembatani UMKM yang feasible tetapi kurang bankable, artinya UMKM yang mempunyai potensi besar untuk mendapat pinjaman tetapi terkendala pada persyaratan-persyaratan yang ada di lembaga keuangan tersebut. Dengan adanya jaminan dari Jamkrida, menjadikan lembaga keuangan yakin dalam memberikan pinjaman kepada UMKM tersebut. “Sampai saat ini UMKM yang dijamin oleh Jamkrida Jateng sebanyak 68.421 se-Jateng”, tutur Adi Nugroho.

Di sesi ketiga, Suharnomo menyampaikan sangat mendukung pada yang dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk membentuk Jamkrida karena problemnya usaha kecil yang sedang start up/memulai usaha dan lembaga keuangan yang memberi pinjaman. Dengan adanya Jamkrida menjadikan kenyamanan bagi kedua belah pihak yaitu lembaga keuangan yang memberi pinjaman dan UMKM mendapatkan pinjaman usaha.