+6224-76486841 / 76486850 feb@live.undip.ac.id

http://182.255.0.178/admin/tmp/1472201827_pak%20dekan%201.jpgKamis 25 Agustus 2016, Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro bekerja sama dengan OJK Jawa Tengah dan DIY mengadakan Program Training Of Trainers (TOT) Keuangan Syariah. Program TOT Keuangan Syariah ini bertujuan untuk mendorong penguatan kemampuan sumber daya insani keuangan syariah di Jawa Tengah.

Program TOT Keuangan Syariah diikuti oleh kalangan akademisi dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di Jawa Tengah serta para praktisi di bidang ekonomi syariah dari sektor perbankan, asuransi dan lembaga keuangan lainnya. Melalui program TOT diharapkan juga mampu mengitegrasikan pengalaman akademis dan pengalaman praktik lembaga keuangan syariah.

Pada pembukaan program TOT yang dilaksanakan di Kampus Undip Tembalang Semarang, Dekan FEB Undip Dr. Suharnomo, S.E., M.Si. menyampaikan bahwa tantangan ketersediaan Sumber Daya Insani (SDI) keuangan syariah Indonesia bukan hanya pemenuhan dari segi kuantitas namun dari segi kualitas juga harus diperhatikan. SDI keuangan syariah Indonesia dituntut tidak hanya memiliki penguasaan operasional, namun juga harus memperhatikan kualitas SDI dari aspek syariah.

Pada kesempatan yang sama juga dilaksanakan pelantikan kepengurusan Forum Dosen Ekonomi dan Bisnis Islam (FORDEBI) Jawa Tengah Periode 2016-2018. Kaprodi Ekonomi Islam FEB Undip Darwanto, S.E., M.Si., M.Sy. yang juga selaku Ketua FORDEBI Jawa Tengah, mengungkapkan forum ini merupakan wadah silaturahmi bagi dosen dosen mengembangkan pengajaran dan riset di bidang Ekonomi Islam. Dalam penjelasan selanjutnya, kajian tentang Ekonomi Islam di Indonesia masih sangat terbatas untuk itu diperlukan adanya sharing pengalaman dan pengetahuan yang lebih intensif dari para anggota sehingga mampu memperkaya khasanah keilmuan Ekonomi Islam di Indonesia.