+6224-76486841 / 76486850 | WA: +6282125023660 feb@live.undip.ac.id

Pada tanggal 9/11/2022 lalu, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro (FEB Undip) bekerjasama dengan Telkomsel mengadakan Digital Marketing Skill. Kegiatan dilaksanakan bertempat di Hall Lantai 4 Gedung Laboratorium Kewirausahaan FEB Undip, Tembalang. Acara ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang apa yang harus dilakukan di persaingan kerja dan dunia usaha saat ini, khususnya di bidang Digital Marketing.

Kegiatan dibuka dengan sambutan Suharnomo selaku Dekan FEB Undip dan dilanjutkan dengan penandatanganan perjanjian kerjasama antara  Telkomsel dengan FEB Undip yang dilakukan oleh Manager Branch Telkomsel Semarang dan Dekan FEB Undip. Pelaksanaan kerjasama yang akan dilaksanakan dalam bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Penandatangan disaksikan oleh Firmansyah selaku Wakil Dekan 1 FEB Undip dan Riny Novitriyanti selaku Vice President Telkomsel. Dalam kegiatan ini, Telkomsel juga menyerahkan CSR berupa Orbit Kampusku untuk FEB Undip.

Talkshow Digital Marketing Skill

Acara dilanjutkan dengan Talkshow Digital Marketing Skill yang diisi oleh I Made Bayu Dirgantara (Wakil Direktur – Direktorat Inovasi dan Kerjasama Industri Undip) dan Riny Novitriyanti (Vice President Telkomsel) yang dimoderatori oleh Shoimatul Fitria (Wakil Ketua Inkubator Bisnis KKIB Universitas Diponegoro).

Sesi awal talkshow diisi oleh pembicara pertama I Made Bayu menyampaikan tentang digital entrepreneurship yang saat bermanfaat untuk pengusaha saat ini, yang bisa menggunakan platform digital untuk menawarkan produk yang dijual. Dari sisi pembeli dapat berbelanja tanpa harus ke pergi toko penjual. “Entrepreneurship itu, mau di jaman dulu dan sekarang mirip, cuma sekarang dengan bantuan teknologi, maka kemudian anda akan memiliki a lot of opportunity, a lot of risk, kemudian tinggal anda menangkap opportunity itu dan kemudian menakar risiko yang akan anda hadapi”, ujar I Made Bayu.

Pada sesi talkshow pembicara kedua Riny Novitriyani membawakan materi tentang bagaimana Telkomsel mengakselerasi digital informasi di Indonesia. Telkomsel yang berdiri sejak 1995 tidak pernah berhenti berinovasi. Telkomsel melakukan transformasi digital berorientasi fokus pada kebutuhan konsumen. “Kami tidak akan membuat suatu produk yang tidak berdasarkan market demand“, jelas Riny.

Riny menyampaikan untuk melakukan transformasi digital berorientasi pada konsumen, Telkomsel salah satunya membangun aplikasi MyTelkomsel yang saat ini berhasil mencapai 30 juta pemakai aktif per bulan.

Untuk sesi talkshow penutup Telkomsel melalui Kuncie menghadirkan pembicara dari kalangan pengusaha, Devi Natalia. Devi menjelaskan bagaimana mengelola bisnis dari awal hingga go international melalui digital marketing. “Strategi marketing, perbanyaklah relasi dalam menjalankan usaha”, pesan pemilik usaha di bidang fashion Bohopanna ini.