+6224-76486841 / 76486850 feb@live.undip.ac.id

http://182.255.0.178/admin/tmp/1473213690_DIPONEGORO-BUSINESS-CASE-COMPETITION-2.jpgHimpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen (HMJM) Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro (FEB UNDIP) sukses menggelar Diponegoro Business Case Competition (DBCC) 2016. Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari, yaitu pada tanggal 1-4 September 2016. Tujuan  diadakannya kegiatan ini adalah untuk mengasah kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah di bidang bisnis. Tema yang diangkat dalam DBCC tahun ini ialah “Encourage Yourself to Empower Sustainable Economics Development”. Partisipan dari kegiatan ini merupakan mahasiswa S-1 dari berbagai universitas di seluruh Indonesia.

Acara ini terdiri dari beberapa tahapan, yaitu Preliminary Case, Presentation for First Case, Company Visit, Impromptu Case, Insight Session, Field Trip, Seminar, dan Awarding. Pada tahap Preliminary Round diikuti oleh 150 tim dari berbagai universitas di Seluruh Indonesia yang diberikan kasus bisnis global mengenai “Canon Inc.: Ambitious Acquisitions in the Video Surveillance Market”. Kasus yang diberikan harus dipecahkan dalam bentuk paper, kemudian ditindaklanjuti melalui terpilihnya sepuluh tim dengan hasil penilaian paper terbaik dimana tim-tim tersebut di undang ke Semarang.

Sepuluh tim yang berhasil masuk final dihari pertama mengikuti Technical Meeting dan Team Bonding. Kemudian di hari kedua, kesepuluh tim ini diminta untuk mempresentasikan Paper mereka di tahap Preliminary kepada para juri dalam Sesi Presentation for First Case dan dilanjutkan dengan kegiatan Company Visit ke PT. Sidomuncul. Setelah itu di hari ketiga mereka kembali di adu pada tahap Impromptu Case, dimana kasus yang diberikan merupakan masalah bisnis yang terjadi di PT. Sidomuncul berdasarkan hasil observasi yang mereka lakukan ketika Company Visit sebelumnya. Solusi dari Impromptu Case yang telah didiskusikan kemudian dituangkan kedalam flipchart masing-masing tim. Selanjutnya, mereka mengikuti Field Trip ke beberapa objek wisata di Semarang dan juga Insight Session yang disi oleh Muhammad Yukka Harlanda (CEO of Brodo Footwear) serta Bapak Idris, S.E., M.Si. (Akademisi FEB Undip). Di hari terakhir, kesepuluh tim ini diikutsertakan dalam acara Seminar and Talkshow The 8th Enfution dan selanjutnya mereka dibawa ke Hotel Muria untuk mengikuti acara Awarding, dimana dalam acara tersebut terdapat persembahan terakhir dari para panitia dan juga pengumuman para pemenang.

Hasil DBCC 2016 ini adalah Gelar Juara 1 diraih oleh Tim Greysquad dari Universitas Indonesia, Juara 2 oleh Tim Airlangga dari Universitas Airlangga, Juara 3 oleh Tim The Jefferson dari Universitas Gadjah Mada, dan Best Team diraih oleh Tim UImprove dari Universitas Indonesia. Perlombaan DBCC ini merupakan salah satu bentuk kegiatan yang tergabung dalam rangkaian acara The 8th Enfution 2016 dan total hadiah yang diberikan kepada para pemenang berjumlah $USD 1000.