Semarang, 12 Juni 2023. Program Doktor Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro (PDIE FEB UNDIP) menyelenggarakan ujian promosi doktor atas nama M Rifqy Roosdhani dengan tema “Membangun Kinerja Pemasaran dengan Kualitas Komunikasi Pemasaran Referal Pada Social Commerce”.

Promovendus dalam disertasinya memfokuskan pada pengembangan model konseptual baru yang menjelaskan cara meningkatkan kinerja pemasaran dengan menggunakan teori yang relevan yakni, teori Service Dominant Logic dan teori komunikasi digunakan sebagai dasar untuk menjelaskan dan menyelesaikan permasalahan yang teridentifikasi. Dalam mengatasi kesenjangan penelitian, penelitian ini mengusulkan sebuah model konseptual baru dengan variabel mediasi yang disebut Referral Marketing Communication Quality. Model konseptual ini dapat menjelaskan pengaruh antara Social Commerce Capability pada kinerja pemasaran.

 

Penelitian ini melibatkan 240 pelaku usaha UMKM makanan dan minuman di Surakarta (Solo), Kota Semarang, Kab. Semarang, Kab. Kudus dan Kab. Jepara menggunakan program SPSS dan model persamaan struktural (Structural Equation Model) AMOS versi 24 dalam proses analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini. Hasil perhitungan dari hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini menunjukkan pentingnya variabel-variabel seperti Social Commerce Capability, Referral Marketing Communication Quality, Market Penetration, Brand Exposure dalam mendorong kinerja pemasaran.


Variabel Referral Marketing Communication Quality yang diusulkan dalam penelitian ini terbukti secara meyakinkan sebagai variabel mediasi yang berperan penting dalam mengisi kesenjangan penelitian, dengan memperjelas hubungan Social Commerce Capability dan kinerja pemasaran. Model penelitian ini didasarkan pada konsep-konsep pemasaran yang relevan dan dapat memberikan kontribusi baik secara teoritis maupun manajerial.

Komite Ujian terdiri dari Prof. Anis Chariri, SE., Mcom. Ph.D, Ak, CA, CfrA (Ketua Sidang Ujian/Penguji), Prof. Dr. Dra. Naili Farida, M.Si (Sekretaris Penguji, Supervisor), Prof. Dr. Suliyanto, SE., MM (Penguji Eksternal), I Made Sukresna, SE., M.Si., Ph.D (Penguji), Dr. Harry Soesanto, M.Kes (Penguji) dan Dr. Farida Indriani, S.E., M.M (penguji, co- Supervisor). Ujian berlangsung selama dua jam dan promovendus mampu mempertahankan disertasinya sehingga dinyatakan lulus oleh Komite Ujian dan berhak menyandang gelar Doktor. Diharapkan penelitian yang dilakukan dapat memberikan kontribusi berarti dalam meningkatkan kualitas pemasaran pada social commerce. Serta dapat mendorong inovasi dan pertumbuhan bisnis di era yang semakin terhubung secara digital.