+6224-76486841 / +6224-76486850 | WA: +6282-125023660 feb@live.undip.ac.id

Fakutas Ekonomi dan Bisnis Universitas Cenderawasih (FEB Uncen) Papua melakukan kunjungan kerja di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro (FEB Undip) Semarang untuk memperdalam kerjasama di pendidikan dan penelitian. Delegasi dari Universitas Cenderawasih, dipimpin oleh dekan dan anggota fakultas, adapun kunjungan kerja ini berlangsung selama 2 hari dimulai dari tanggal 13 hingga 14 Nopember 2023.

Kegiatan yang berlangsung di lingkungan FEB Undip ini dimulai dengan acara seremonial sambutan oleh Dekan dari kedua Fakultas yang berlangsung di ruang siding utama gedung dekanat FEB Undip dimana keduanya menyampaikan tekad mereka untuk memperkuat sinergi yang dapat memberikan dampak positif pada pengembangan akademis. Acara dilanjutkan dengan diskusi antar fakultas yang melibatkan dekan, dosen dan tendik. Diskusi ini menyoroti potensi kolaborasi dalam pertukaran mahasiswa/dosen, penelitian bersama, dan pengembangan program akademis.

Selain kegiatan seremonial dan diskusi yang telah dilaksanakan, para tamu dari FEB Uncen juga berkesempatan untuk memberi kuliah dosen tamu kepada mahasiswa/i FEB Undip. Kuliah yang bertajuk Pembangunan Ekonomi dalam Persepktif Kontekstual Papua disampaikan oleh Prof. Dr. Mesak Iek, S.E., M.Si. selaku dekan FEB Uncen.

Kunjungan ini juga diperkuat melalui pelatihan mengenai analisis pasar keuangan yang dilaksanakan di Laboratorium Bloomberg FEB Undip. Pelatihan ini bertujuan untuk memperluas pengetahuan peserta tentang dinamika pasar keuangan global dan meningkatkan keterampilan praktis yang relevan.

Tidak ketinggalan untuk membantu mengolah big data yang diperoleh dari Bloomberg, kegiatan selanjutnya mengenai pelatihan tentang penggunaan perangkat lunak analisis statistik, Stata. Peserta diberikan kesempatan untuk memahami aplikasi praktis dari alat ini dalam konteks riset akademis.

Kunjungan ini menjadi babak baru dalam kolaborasi antara Universitas Cenderawasih dan Universitas Diponegoro, menandai komitmen mereka untuk meningkatkan standar pendidikan dan penelitian melalui kemitraan yang kuat dan berkelanjutan.