+6224-76486841 / +6224-76486850 | WA: +6282-125023660 feb@live.undip.ac.id

Pada tanggal 13 Januari 2023, Universitas Diponegoro melakukan koordinasi Kerjasama dengan PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk (PT. Alfamart) tentang pembukaan gerai Alfamart, perekrutan karyawan, dan pengelolaan UMKM di lingkungan Undip khususnya Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Acara koordinasi dilaksanakan di Ruang Rapat Dekan Gedung Dekanat FEB Undip lantai 2.
Koordinasi kerjasama dihadiri oleh Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip (Prof. Dr. Suharnomo, SE, M.Si), Wakil Dekan Bidang Sumber Daya (Dr. Warsito Kawedar, SE, M.Si, Akt.) Departemen Manajemen FEB Undip (Erman Denny Arfinto S.E. M.M., Shoimatul Fitria S.E. M.M.), Departemen Akuntansi FEB Undip (Dr. Rr. Karlina Aprilia Kusumadewi S.E. M.Sc. Ak.).

Adapun perwakilan dari pihak Alfamart Pusat (Alam Sutera, Tangerang), Deanita Stepfanie, dan perwakilan Alfamart cabang Semarang, Eko Mujanto, Alexander D M, dan Nanant. Selain itu, juga hadir dari pihak PT. Undip Maju, Shinta Sukma TW.

Koordinasi tersebut dilakukan sebagai inisiasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan, dengan melahirkan dan menumbuhkan wirausaha muda pada bidang ritel di lingkungan kampus. Selanjutnya juga sebagai komitmen keberlanjutan Alfamart dalam mendukung percapaian target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) nomor 4 (pendidikan berkualitas) dan nomor 17 (kemitraan untuk mencapai tujuan).

Koordinasi kerjasama diawali dengan presentasi materi kerjasama oleh pihak Alfamart dan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip, dan dilanjutkan dengan meninjau lokasi dan fasilitas penunjang yang ada di FEB. Kerjasama ini diharapkan segera terealisasi, karena terdapat visi dan misi yang bisa dikolaborasikan dan disinergikan, terutama untuk pengembangan SDM dan UMKM di lingkungan kampus.

Semoga dengan adanya gerai Alfamart di kampus nantinya dapat meningkatkan pelaksanaan tridharma perguruan tinggi, pengembangan SDM berkelanjutan, dan pengembangan usaha dalam implementasi program merdeka belajar kampus merdeka.