+6224-76486841 / 76486850 feb@live.undip.ac.id

Hari Kamis tanggal 17 Maret 2016, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro bekerjasama dengan Pegadaian menyelenggarakan Seminar Keuangan “Bijak Berinvestasi di Usia Muda” dengan pembicara Safir Senduk, CFP.

Seminar yang digelar di Hall Gedung C Lantai 4 FEB UNDIP, Tembalang ini dihadiri oleh Koord. Bidang Pengembangan dan Kerjasama (Amie Kusumawardhani. PhD.), Kaprodi Ekonomi Islam (Darwanto, M.Si.), Pimpinan Wilayah Semarang PT. Pegadaian (Damar Latri Setiawan) beserta staf, dosen dan mahasiswa.

Pembantu Dekan IV FEB UNDIP yang membuka seminar nasional ini berharap agar seminar nasional ini memberikan manfaat kepada seluruh peserta, terutama untuk dapat merencanakan keuangan serta dapat memberikan kiat-kiat berinvestasi melalui modal yang kecil.

Masuk ke inti seminar, Safir Senduk menyampaikan “Apapun profesi seseorang dapat menjadi kaya, baik seorang karyawan, profesional dan pengusaha, karena kekayaan tidak diukur dari seberapa banyak penghasilan kita tetapi diukur dari seberapa banyak investasi yang dimiliki seseorang”. Safir juga menjelaskan cara untuk mengembangkan nilai aset seseorang yaitu dengan dua cara : investasi pertumbuhan (invest mendapat keuntungan) dan fix income invest (investasi dengan pendapatan tetap). Contoh investasi pertumbuhan : saham, valas, emas, property, manajer investasi dan contoh investasi fix income adalah obligasi, sukuk, deposito.

Di akhir acara, Safir Senduk menyampaikan dalam berinvestasi hendaknya menyesuaikan dengan siklus ekonomi. “Pilih investasi yang nilai nominal dan nilai intrinsiknya sama”., ujarnya.