+6224-76486841 / 76486850 | WA: +6282125023660 feb@live.undip.ac.id

Semarang, 10/11/22 Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Undip berkolaborasi dengan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Edents FEB Undip sukses menggelar acara yang bertajuk “Pelatihan Jurnalistik dalam Rangka Pembuatan Konten Website FEB Undip” pada Kamis lalu. Acara yang dilaksanakan di Ruang Sidang Utama Gedung Dekanat ini diikuti sebanyak 83 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan tenaga kependidikan.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengembangkan kemampuan sivitas akademika FEB Undip dalam membuat pemberitaan kegiatannya masing-masing. Hal ini ditujukan untuk meningkatkan kualitas konten web fakultas dalam hal publikasi kegiatan yang dilaksanakan di lingkungan FEB Undip.

Dalam pelatihan ini, Baihaqi, anggota Aliansi Jurnalis Semarang (AJI) Semarang sekaligus jurnalis jatengtoday.com, berbagi materi mengenai teknik dasar kepenulisan berita. Ia menjelaskan proses penerbitan berita yang terencana hingga format penulisan piramida terbalik dalam menyusun berita yang baik.

Antusiasme peserta begitu tinggi. Ini dibuktikan dengan banyaknya peserta yang mengutarakan pertanyaan selepas pemaparan materi. Selain itu, terdapat sesi simulasi menulis berita yang dibuat senyata mungkin dengan menunjuk dua peserta sebagai narasumber yang diwawancarai. Hasil dari wawancara singkat itu kemudian dijadikan informasi yang diolah oleh peserta menjadi sebuah berita. Hal ini membuat sesi praktik terasa begitu dekat dengan kenyataan sehingga peserta bersemangat hingga penghujung acara.