+6224-76486841 / 76486850 feb@live.undip.ac.id

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi telah menetapkan Indikator Kinerja Utama (IKU) dalam rangka pengukuran kinerja bagi perguruan tinggi berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3/M/2021. IKU yang ditetapkan oleh Kemendikbud-Ristek adalah 8 Indikator Kinerja Utama untuk seluruh Perguruan Tinggi Negeri-Badan Hukum.

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro (FEB UNDIP) pada Jumat-Sabtu, 16-18 September 2022 melaksanakan Workshop Optimalisasi Capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) 1 PTNBH Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semester I Tahun 2022. Pelaksanaan Workshop ini juga untuk mendukung program SDG’s poin 4 tentang Pendidikan Berkualitas serta poin 8 yaitu Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.

IKU 1 PTN BH adalah indikator kinerja yang menghitung persentase lulusan S1 yang berhasil mendapat pekerjaan; melanjutkan studi; atau menjadi wiraswasta pada waktu 1 tahun sebelum Tahun Sekarang (TS-1). IKU 1 PTN BH dihitung dari lulusan yang bekerja kurang dari 6 bulan dengan penghasilan 1,2 kali tempat bekerja; wiraswasta dengan penghasilan 1,2 kali tempat lulusan usaha; dan lulusan melanjutkan studi kurang dari 12 bulan. Jumlah capaian IKU 1 FEB UNDIP per tanggal 16 September 2022 adalah sebesar 490 lulusan dari jumlah total lulusan 616 orang dengan persentase jumlah capaian adalah sebesar 79,54%.

Acara workshop diawali dengan sambutan oleh Prof. Dr. Suharnomo selaku Dekan FEB UNDIP. Prof. Suharnomo dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kesuksesan membuat capaian tracer study FEB UNDIP luar biasa sampai dengan saat ini. Prof. Dr. Suharnomo mengatakan bahwa capaian tracer study tetap ditingkatkan karena juga bermanfaat untuk mengetahui profil lulusan sebagai evaluasi diri bagi FEB UNDIP.

Acara workshop pada hari kedua dilanjutkan dengan paparan mengenai Indikator Kerja Utama (IKU) Universitas Diponegoro PTNBH dan Renstra oleh Prof. Dr. Ir. Purwanto, DEA.. Prof. Dr. Purwanto menjelaskan mengenai poin-poin secara detail yang menjadi target UNDIP untuk 8 indikator kinerja PTNBH dan 60 indikator kinerja Renstra Universitas Diponegoro dan strategi pencapaiannya. Narasumber yang menjabat sebagai Kepala Badan Perencanaan dan Pengembangan Universitas Diponegoro menyampaikan dalam hal pelaporan indikator IKU PTNBH Kemendikbud-Ristek sudah diintegrasikan dengan IKU Renstra, sehingga untuk pelaporan Fakultas atau Unit cukup satu kali.

Sampai pada sesi lanjut kegiatan adalah Pendampingan Teknis Pengisian Indikator Kinerja Utama PTNBH 1 yang dipandu oleh Nuryanto, S.Gz., M.Gizi. selaku Koordinator IKU 1 PTNBH Universitas Diponegoro. Optimalisasi Capaian Tracer Study dilakukan dengan menghubungi alumni untuk mengisi tracer yang dilakukan oleh operator prodi dengan memandu dan membantu alumni yang kesulitan dalam pengisian aplikasi tersebut.

Kegiatan workshop dilaksanakan secara luring di Hotel Horison, Pekalongan, Jawa Tengah. Workshop ini dihadiri oleh Pimpinan diantaranya Kepala Badan Perencanaan dan Pengembangan Universitas Diponegoro, Dekan, Wakil Dekan, Kepala Departemen, Ketua Program Studi dan Para Operator tracer study di lingkungan FEB UNDIP.

Sampai saat ini tanggal 20 September 2022, hasil capaian IKU 1 PTN BH FEB UNDIP sejumlah 528 lulusan dari 616 orang lulusan dengan persentase sebesar 85,88%. Sedangkan untuk respon rate rata-rata dari program studi baik S1, Profesi, S2 dan S3 adalah sebesar 91%.