+6224-76486841 / 76486850 feb@live.undip.ac.id

Langkah serius ditunjukkan oleh FEB Undip yang akan membuka kelas internasional tahun ini. Berbagai persiapan sudah dilakukan baik dalam pengadaan sarana dan prasarana, penyiapan SDM dan yang lebih penting lagi adalah jejaring mitra kampus di luar negeri sebagai bagian dari peningkatan international exposure mahasiswa.

Untuk maksud penguatan jejaring tersebut, FEB yang diwakili Dekan Dr Suharnomo, Wakil Dekan Dr. Amie Kusumawardhani dan Kepala International Office Dr. Mirwan Surya Perdhana  sejak Tanggal 3 April sd 15 April 2016 melakukan lawatan ke enam negara di Eropa yaitu Perancis, Belanda, Denmark, Finlandia, Luxembourg dan Swedia . Di negara-negara tersebut FEB Undip menjalin kerja sama dengan beberapa universitas yang bereputasi baik, diantaranya adalah Sorbonne, Nantes, Brest, LeHavre (Perancis), Freije Universiteit (VU) Amsterdam, Saxion Applied Science (Belanda), Haaga Helia University, Lahti University, Jyvaskila University, Turku University (Finlandia) dan Copenhagen Business School (Denmark) serta kunjungan penjajagan ke Luxembourg University dan Universitas Malmo Swedia.

Sebagain besar universitas tersebut sudah melakukan komunikasi  intensif untuk maksud penyamaan kurikulum dengan FEB Undip agar masing-masing mata kuliah diakui di universitas mitra.  Adapaun kerja sama yang dilakukan meliputi penyelenggaraan Double Degree (DD), Credit Transfer System (CTS), summer school, lecturer exchange dan research collaboration and joint publication.

Delegasi Indonesia selain langsung berkunjung di universitas-universitas mitra, juga melakukan courtessy call dengan kedutaan-kedutaan Indonesia di masing-masing negara. Sambutan kehormatan dengan tim lengkap diberikan oleh Duta Besar Denmark dan Ibu, Bapak Muhammad Ibnu Said, Konsul Pendidikan dan Sosial Ibu Magdalena Frederika Wowor, Konsul Ekonomi Bapak Tony dan sataf lengkap kedutaan. Selain mengikuti acara di kampus, kedutaan juga menggelar jamuan makan malam untuk tim Undip.

Di Finlandia, delegasi Undip diterima dengan resmi oleh Duta Besar Finlandia Ibu Wiwik Susilowati, Konsul Pendidikan Bapak Tolhah Ubaidi dan tim lengkap kedutaan Finlandia. Di Perancis rombongan secara resmi diterima oleh Konsul Pendidikan, Bapak Henri Katchily dan tim kedutaan.

Dalam setiap kesempatan pertemuan dengan kedutaan, semua pimpinan kedutaan menyambut positif berbagai langkah kerja sama yang dilakukan Universitas Diponegoro. Bahkan untuk Denmark dan Finlandia, kedutaan bersedia memfasilitasi berbagai kerja sama dengan universitas-universitas di kawasan tersebut. Universitas di Scandinavia bereputasi sangat bagus namun selama ini kalah populer dengan UK maupun Amerika.

Dalam berbagai diskusi dengan kedutaan maupun dengan universitas, terdapat banyak informasi terkait  kerja sama dalam kerangka Erasmus Mundus Plus yang digagas oleh Uni Eropa. Berbagai skim pendanaan bisa didapatkan dari kerja sama antar universitas baik pengajaran maupun penelitian dengan skema program EU tersebut.

Dekan FEB Undip Dr Suharnomo menekankan bahwa: “Kebutuhan untuk meningkatkan jejaring tersebut dirasa makin penting seiring dengan perkembangan dunia yang makin mengglobal dimana kemampuan berkomunikasi menjadi sangat penting dan pemahaman akan cross-culturural management menjadi kunci kesuksesan pemimpin-pemimpin muda masa depan”.

Lebih lanjut, Ketua International Office Dr. Mirwan Surya Perdhana menyatakan bahwa Ujian Masuk (UM) Undip Kelas Internasional untuk Prodi International Business dan Accounting sendiri akan dilaksanakan di Kampus FEB Tembalang Tanggal 6-7 Juni 2016 dengan mekanisme pendaftaran UM (Ujian Masuk) seperti tertera di laman www.undip.ac.id.