+6224-76486841 / +6224-76486850 | WA: +6282-125023660 feb@live.undip.ac.id

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro telah sukses menyelenggarakan program visiting professor dengan tema “Financial Implications of Sustainability Initiatives.” Dalam kegiatan ini, FEB Undip mengundang pembicara dari Universiti Malaya (Malaysia), yaitu Prof. Che Ruhana dan Dr. Ervina binti Alfan. Acara berlangsung pada tanggal 22 November 2023 di Hall gedung KWU FEB Undip, bertujuan untuk memperkuat pemahaman mengenai Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya nomor 4 tentang Kualitas Pendidikan, nomor 8 mengenai Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, serta nomor 17 tentang Kemitraan untuk mencapai Tujuan.

Dalam kuliah umum ini, sebagai pembicara pertama yaitu Dr. Ervina binti Alfan dimanamembahas materi mengenai implikasi keuangan dari inisiatif keberlanjutan. Sebelum memasuki inti materi tentang keuangan dan keberlanjutan, beliau menekankan pentingnya memahami konsep keberlanjutan terlebih dahulu.

“Pembangunan Berkelanjutan dapat diartikan sebagai setiap keputusan yang diambil oleh stakeholders yang dapat memberikan dampak berkelanjutan terhadap ekonomi, sosial, dan lingkungan tanpa membahayakan generasi manusia di masa depan,” jelasnya.

Prof. Che Ruhana membawakan materi tentang Sustainability and Management Accounting, menyoroti pentingnya integrasi antara isu lingkungan dengan Manajemen Akuntansi.

“Environmental Management Accounting (EMA) adalah metode yang membantu stakeholder dalam pengambilan keputusan terkait investasi pengendalian dampak lingkungan, membangun budaya pengurangan polusi, dan minimalisasi limbah industri, serta meningkatkan efisiensi ekonomi,” ungkapnya.

Dalam pembahasannya, Prof. Che Ruhana menekankan empat aspek yang perlu diperhatikan untuk menciptakan distribusi nilai yang seimbang, yakni aspek financial, stakeholder, Internal Business Process, dan Learning and Growth.

Ucapan terima kasih disampaikan kepada Danes Quirira Octavio, dosen muda dan koordinator Lab Bloomberg FEB Undip, yang telah membimbing acara bersama kedua pembicara. Sebagai penutup acara, diadakan sesi tanya jawab dan diskusi antara peserta dan pembicara yang hadir.

 

 


( tiga dari tujuh belas goals sustainability)