+6224-76486841 / 76486850 feb@live.undip.ac.id

Rabu (14/11) Bertempat di Gedung Laboratorium Kewirausahaan lt. 4 FEB Undip, Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Republik Indonesia bekerjasama dengan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro menyelenggarakan sosialisasi APBN 2019 dalam agenda tahunan Budget Goes To Campus. Mengusung tema Let’s Talk About Budget,  seminar yang bertajuk diskusi panel ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman audiens mengenai APBN.

Acara ini diawali dengan sambutan oleh Firmansyah, SE., M.Si., Ph.D selaku Wakil Dekan Bidang Riset dan Inovasi FEB Undip. Dalam sambutannya, Firman berpesan kepada para mahasiswa untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan baik guna mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan dari pelaku praktisi secara langsung.

Sebelum seminar dimulai, selingan kuis APBN menjadi pengasah pengetahuan umum 223 peserta yang hadir. Diskusi panel dimoderatori oleh Iman Tri Mulya, Kepala Seksi Penyusunan Anggaran Transfer ke Daerah II. Narasumber pertama Raden Agus Sudrajat memaparkan materi mengenai siklus dan proses penyusunan APBN. “APBN sebagai instrumen untuk mencapai tujuan Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur” ujar Raden.

Selanjutnya Dyah Kusumawati, Kasubdit Penyusunan Pembiayaan Anggaran dan Perhitungan Resiko Fiskal selaku narasumber kedua menyampaikan  materi tentang APBN 2019. Dalam pemaparannya Dyah menekankan fokus APBN 2019 kini bertujuan untuk mendorong investasi dan daya saing sumberdaya manusia, beserta rincian program-program prioritas yang akan direalisasikan mendatang.

Sebagai pemateri terakhir I.G.A Krisna Murti, Kepala Analisis Data dan Informasi APBN menyampaikan capaian dan kinerja pengelolaan fiskal 2014-2018. Penyampaian materi yang berlangsung secara interaktif ini membahas tentang indikator ekonomi (pertumbuhan ekonomi dan inflasi), indikator kesejahteraan (tingkat kemiskinan, tingkat penganguran, rasio gini, dan IPM) dan indeks kemudahan berusaha yang tampak menunjukkan tren positif.

Melalui penyampaian kebijakan, proses penyusunan, serta siklus APBN kepada civitas akademika dan masyarakat umum, Budget Goes To Campus diharapkan dapat memunculkan feedback berupa bahan masukan dalam penyusunan APBN guna meminimalkan kebocoran serta resiko penggunaan APBN.