+6224-76486841 / 76486850 feb@live.undip.ac.id

Sebanyak 41 orang mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro (FEB Undip) mengikuti uji kompetensi teknisi akuntansi. Kegiatan uji kompetensi dilaksanakan bertempat di Tempat Uji Kompetensi Lembaga Sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi (LSP-TA) FEB Undip. Uji kompetensi yang dilaksanakan 3 hari pada tanggal 23-24 Oktober dan 31 Oktober 2021 merupakan kegiatan akhir setelah selesai mengikuti Pelatihan Teknisi Akuntansi Batch 1 yang dilaksanakan pada 25-26 September dan 2-3 Oktober 2021.

Uji kompetensi memiliki 4 skema uji, yaitu Klaster Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis SAK ETAP, Klaster Pengoperasian Aplikasi Akuntansi Berbasis Komputer, Klaster Pengelolaan Dokumen Dana Kas dan Klaster Pengelolaan Buku Besar Pembantu. Di dalam 4 skema uji tersebut, terdapat 13 unit kompetensi yang diujikan. Uji kompetensi yang dilaksanakan diawasi oleh FEB Undip dan Lembaga Sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi (LSP-TA).

Mahasiswa yang lulus dalam 4 skema (13 unit kompetensi) dinyatakan kompeten dan akan mendapatkan sertifikat berlogo Garuda Indonesia dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Adapun, bagi mahasiswa yang belum kompeten di beberapa unit kompetensi, tetap diberikan surat keterangan kompetensi yang menyatakan telah kompeten di bidang kompetensi yang ada. Mahasiswa yang belum kompeten di beberapa unit kompetensi masih dapat mengikuti uji ulang untuk unit kompetensi yang belum lulus saja.

Hasil dari uji kompetensi tersebut 41 mahasiswa kompeten di bidang teknisi akuntansi yang dilaksanakan. Dengan capaian ini diharapkan kelak mahasiswa tersebut setelah lulus dapat menjadi alumni yang berkualitas dan memiliki daya saing di dunia kerja dan wirausaha. Mahasiswa yang lulus 4 skema uji kompetensi dapat mengajukan gelar C.A.A.T. (Certified Associate Accounting Technician) ke BNSP.

Program sertifikasi kompetensi mahasiswa program studi Akuntansi ini merupakan program berkelanjutan. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

TUK LSP-TA FEB UNDIP
Gd. Dekanat Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro
Telp. (024) 76486851 / 76486853
Email. feb@live.undip.ac.id