Customize Consent Preferences

We use cookies to help you navigate efficiently and perform certain functions. You will find detailed information about all cookies under each consent category below.

The cookies that are categorized as "Necessary" are stored on your browser as they are essential for enabling the basic functionalities of the site. ... 

Always Active

Necessary cookies are required to enable the basic features of this site, such as providing secure log-in or adjusting your consent preferences. These cookies do not store any personally identifiable data.

No cookies to display.

Functional cookies help perform certain functionalities like sharing the content of the website on social media platforms, collecting feedback, and other third-party features.

No cookies to display.

Analytical cookies are used to understand how visitors interact with the website. These cookies help provide information on metrics such as the number of visitors, bounce rate, traffic source, etc.

No cookies to display.

Performance cookies are used to understand and analyze the key performance indexes of the website which helps in delivering a better user experience for the visitors.

No cookies to display.

Advertisement cookies are used to provide visitors with customized advertisements based on the pages you visited previously and to analyze the effectiveness of the ad campaigns.

No cookies to display.

Pada tanggal 08 Februari 2023, Program Doktor Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro (PDIE FEB UNDIP) menyelenggarakan ujian promosi doktor atas nama M. Y. Dedi Haryanto guna mempertahankan disertasinya yang berjudul “Peran Manajemen Impresi Dalam Memediasi Hubungan Antara Kinerja Keuangan dan Underpricing, Bukti Empiris dari Penawaran Umum di Indonesia”. Promosi Doktor ini berlangsung di Ruang Kewirausahaan lantai dasar, FEB UNDIP.

Promovendus dalam disertasinya, memiliki tujuan untuk mengembangkan model determinan underpricing dari perspektif manajemen impresi. Penting untuk memahami hubungan antara angka laba dan bahasan narasi dalam menciptakan underpricing karena impresi dalam disclosure naratif dapat mengaburkan kandungan informasi laba. Penelitian efek manajemen impresi memiliki peranan penting dalam literatur disclosure dan underpricing. Selain itu, memahami pilihan komunikasi manajemen adalah penting untuk membantu investor dan pembaca laporan akuntansi untuk mendeteksi potensi penipuan dalam praktik impresi semacamnya.

Secara keseluruhan, hasil temuan dari studi ini adalah Manajemen impresi merupakan perilaku oportunis untuk menyesatkan persepsi investor. Tindakan ini muncul sebagai kesempatan perdana dengan melakukan pembiasan pelaporan. Penerbit yang mengalami kinerja buruk dapat menutupi kondisi sebenarnya melalui strategi manajamen impresi dan sekaligus meningkatkan ekspektasi investor. Bahkan manajemen impresi dapat membuat disclosure naratif berperan sebagai topeng yang menutupi kondisi kinerja perusahaan yang sebenarnya.

Komite Ujian terdiri dari Prof. Anis Chariri, SE., M.Com., Ph.D., Akt. (Ketua Sidang Ujian/Promotor), Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak., CA., CMA., QIA., C.Fra. (Penguji Eksternal), Prof. Drs. Imam Ghozali, M.Com, Ph.D (Penguji), Puji Harto, SE., M.Si., Ak., Ph.D (Penguji), Dr. Agus Purwanto, SE., M.Si. (Penguji) dan Dr. Etna Nur Afri Yuyetta, S.E., Akt., M.Si (penguji, co-Promotor). Ujian berlangsung selama dua jam dan promovendus mampu mempertahankan disertasinya sehingga dinyatakan lulus oleh Komite Ujian dan berhak menyandang gelar Doktor. Selamat dan Semoga sukses dalam berkarya.