Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro (FEB Undip) berkomitmen untuk meningkatkan berbagai pelayanan di lingkungan FEB Undip. Pelayanan prima adalah pelayanan yang memberikan kepuasan bagi masyarakat yang hadir di lingkungan kampus FEB Undip. Pelatihan pelayanan prima ini menghadirkan pemateri Makhmud Kuncahyo, M.Pd. selaku expert dalam bidang pelayanan dari Synergy Performa, dimana telah bersetifikat BNSP (Badan Nasional Sertifikat Profesi). Kegiatan yang diikuti oleh tenaga pendidik FEB Undip dilaksanakan pada Rabu (27/09) di Ruang Sidang Utama Gedung Dekanat FEB Undip.
Warsito Kawedar selaku Wakil Dekan Bidang sumber daya FEB Undip membuka acara dengan berpesan bahwa tugas sebagai institusi pendidikan tidak hanya sekedar mengajar semata, namun juga diperlukan jiwa melayani yang baik, tak hanya kepada mahasiswa semata tapi ke seluruh masyarakat yang hadir ke lingkungan kampus FEB Undip.
Makhmud Kuncahyo, dalam paparan materi beliau menyatakan tolok ukur pelayanan prima di lingkungan kampus adalah adanya kesesuaian SOP, sikap akuntabel, terbuka, profesional, dan berorientasi kepada masyarakat. Beliau juga menyampaikan jenis-jenis pelanggan dan macam-macam keluhan, serta standar pelayanan di lingkungan kampus sangat berbeda dengan yang lainnya.
“Banyak dari kita mungkin berpendapat bahwa seorang petugas keamanan itu harus berbadan tegap, kokoh serta memiliki tampilan yang garang. Namun hal seperti itu dapat berubah tergantung lingkungan, kita dapat melihat petugas keamanan di Bank-Bank konvesional yang ada. Betapa lemah lembutnya petugas keamanan yang ada disana, tetapi akan berbeda jika melihat ke lingkungan pusat-pusat perbelanjaan besar. Dari hal tersebut dapat kita simpulkan bahwa pelayanan prima disini harus menempatkan sikap yang sesuai pada tempatnya”, jelasnya.
Adapun setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan pemahaman dari tenaga kependidikan tentang arti penting excellence service semakin baik, semakin meningkat sehingga benar-benar bisa menjadi bekal untuk meningkatkan dalam memberikan pelayanan dalam tugas sehari-hari sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing.
Di akhir kegiatan, para peserta memaparkan hasil peubahan yang dapat mereka tingkatkan dalam pelayanan yang telah dilakukan dan akan dilakukan.
Komentar Terbaru