Dimulai tanggal 14 – 15 Agustus 2023, Sebanyak 1223 mahasiswa/i baru Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro (FEB Undip) telah mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang diadakan oleh Tim ODM FEB 2023. Kini memasuki masa “Pendikar” yakni kegiatan pembekalan kepada mahasiswa baru agar memiliki akhlak, moral dan etika yang beradab. Kegiatan tersebut juga bertujuan untuk membentuk karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Diponegoro, dan menumbuhkan rasa cinta terhadap almamater.

Program “Pendikar” dilaksanakan pada 16 dan 18 Agustus 2023 dan berlangsung di ruang perkuliahan setiap department (Akuntansi, Ekonomi, dan Manajemen). Adapun materi dari pendikar itu sendiri diisi oleh dosen-dosen dari FEB Undip yang dimana membekali maba dengan pemahaman mengenai pribadi/karakter, etika/akhlak, mengatasi tantangan dan terakhir mengenai goals yang harus kita tentukan (seperti Pimnas).

Tidak hanya materi berat yang diberikan, pihak panitia juga menyiapkan beberapa mini games di setiap sesi kegiatan sebagai pencair suasana. Mini games ini tidak hanya memberikan hiburan, tetapi juga memiliki tujuan edukatif yang tersembunyi. Peserta dapat belajar melalui permainan sambil tetap merasa santai dan bersemangat dalam mengikuti setiap sesi.

Dengan demikian, kegiatan pendidikan karakter bagi mahasiswa baru FEB Undip 2023 akan menjadi pondasi yang akan terus diperkuat dan dikembangkan seiring dengan perjalanan akademik dan profesional mereka. Kita berharap, dengan pendekatan seperti ini, mampu untuk mencetak generasi yang tak hanya pintar, tetapi juga berbudi pekerti mulia demi masa depan yang lebih baik.