Semarang, 24 Juli 2023 – Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro telah melangsungkan Program Summer Course ke-4 yakni, Summer Course: Economics and Business International Camp and Courses for Sustainability 2023 atau yang disingkat EBICCS 2023 dengan membawa tema “Toward Sustainable Development: Leveraging Artificial Intelligence and Big Data Analysis in Business and Accounting.” Program summer course kali ini diikuti lebih dari 300 peserta dari berbagai latar belakang akademik dan profesional, termasuk mahasiswa yang berasal dari 17 negara.

 

Seremonial Pembukaan

 

EBICCS 2023 yang dilaksanakan secara daring dmulai dari 24 Juli 2023 hingga 11 Agustus 2023, menawarkan berbagai macam mata kuliah menarik dengan pembicara dari berbagai Universitas ternama di luar negeri, seperti Curtin University Australia, University of Portsmouth Inggris, Saxion University Belanda, dll.

Tujuan dari program ini adalah untuk menyebarkan kesadaran dan pengetahuan tentang pembangunan berkelanjutan, serta menginspirasi para peserta untuk berkontribusi dalam menciptakan dunia yang lebih berkelanjutan.

Dalam sesi pembukaan, para peserta disambut oleh Dekan FEB Undip, Prof. Suharnomo yang dimana menyampaikan “Inovasi sebagai pendorong utama kemajuan dunia, sekarang ditambah dengan kehadiran AI dan Big Data, membawa peluang luar biasa yang belum pernah ada sebelumnya. Teknologi yang luar biasa ini berpotensi merevolusi berbagai sektor kehidupan. Mari kita bersama-sama mendengarkan dengan penuh perhatian pandangan dari para pembicara terhormat yang akan hadir, karena melalui program ini kita dapat sepenuhnya mengoptimalkan potensi sejati AI dan Big Data untuk pembangunan yang berkelanjutan.”

 

Hari Pertama EBICCS 2023

 

Hari pertama kegiatan summer course ini diisi oleh Dr. Lanita Winata dari Griffith University Australia, yang membahas tentang Sustainability and ESG (Environmental, Social, and Governance). Dalam presentasinya, beliau menekankan pentingnya program keberlanjutan dalam kehidupan dan dampaknya terhadap lingkungan, masyarakat, dan tata kelola.

“Penting untuk selalu diingat tentang tiga prinsip, reuse, recycle, dan reduce. Dengan menerapkan ketiga praktik tersebut, kita dapat mengurangi permintaan akan produk baru, mengubah limbah menjadi sumber daya berharga melalui, dan mengurangi pemakaian sumber daya dengan bijaksana melalui reduce. Melalui penerapan prinsip-prinsip ini, kita dapat menciptakan sebuah siklus berkelanjutan yang ramah terhadap lingkungan.”

Program ini menegaskan komitmen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro untuk menjadi pionir dalam menyebarkan kesadaran tentang pembangunan berkelanjutan dan memberikan inspirasi bagi para peserta untuk berperan aktif dalam menciptakan perubahan positif. Semoga kegiatan ini menjadi langkah awal yang berarti dalam mencapai tujuan bersama menuju dunia yang lebih berkelanjutan.

 

Foto daring bersama dengan peserta EBICCS 2023