Pada tanggal 08 Februari 2023, Program Doktor Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro (PDIE FEB UNDIP) menyelenggarakan ujian promosi doktor atas nama M. Y. Dedi Haryanto guna mempertahankan disertasinya yang berjudul “Peran Manajemen Impresi Dalam Memediasi Hubungan Antara Kinerja Keuangan dan Underpricing, Bukti Empiris dari Penawaran Umum di Indonesia”. Promosi Doktor ini berlangsung di Ruang Kewirausahaan lantai dasar, FEB UNDIP.

Promovendus dalam disertasinya, memiliki tujuan untuk mengembangkan model determinan underpricing dari perspektif manajemen impresi. Penting untuk memahami hubungan antara angka laba dan bahasan narasi dalam menciptakan underpricing karena impresi dalam disclosure naratif dapat mengaburkan kandungan informasi laba. Penelitian efek manajemen impresi memiliki peranan penting dalam literatur disclosure dan underpricing. Selain itu, memahami pilihan komunikasi manajemen adalah penting untuk membantu investor dan pembaca laporan akuntansi untuk mendeteksi potensi penipuan dalam praktik impresi semacamnya.

Secara keseluruhan, hasil temuan dari studi ini adalah Manajemen impresi merupakan perilaku oportunis untuk menyesatkan persepsi investor. Tindakan ini muncul sebagai kesempatan perdana dengan melakukan pembiasan pelaporan. Penerbit yang mengalami kinerja buruk dapat menutupi kondisi sebenarnya melalui strategi manajamen impresi dan sekaligus meningkatkan ekspektasi investor. Bahkan manajemen impresi dapat membuat disclosure naratif berperan sebagai topeng yang menutupi kondisi kinerja perusahaan yang sebenarnya.

Komite Ujian terdiri dari Prof. Anis Chariri, SE., M.Com., Ph.D., Akt. (Ketua Sidang Ujian/Promotor), Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak., CA., CMA., QIA., C.Fra. (Penguji Eksternal), Prof. Drs. Imam Ghozali, M.Com, Ph.D (Penguji), Puji Harto, SE., M.Si., Ak., Ph.D (Penguji), Dr. Agus Purwanto, SE., M.Si. (Penguji) dan Dr. Etna Nur Afri Yuyetta, S.E., Akt., M.Si (penguji, co-Promotor). Ujian berlangsung selama dua jam dan promovendus mampu mempertahankan disertasinya sehingga dinyatakan lulus oleh Komite Ujian dan berhak menyandang gelar Doktor. Selamat dan Semoga sukses dalam berkarya.