Informasi Lain

Pengabdian Masyarakat

Kegiatan Pengabdian

Penelitian

Kegiatan penelitian
Laboratorium Penelitian
Rabu, 30 Maret 2016 - 10:21:32

Dalam rangka menunjang dan mengembangkan suasana akademik di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, maka dibentuk beberapa Laboratorium Studi. Beberapa Laboratorium Studi yang ada di Fakultas Ekonomika dan Bisnis UNDIP antara lain :

  • Laboratorium Studi Kebijakan Ekonomi (LSKE) : Laboratorium Studi Kebijakan Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro atau disingkat LSKE FEB UNDIP merupakan laboratorium studi  di bawah jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (IESP) yang dibentuk dengan tujuan untuk menciptakan dan menumbuhkan masyarakat akademik di lingkungan FEB UNDIP. LSKE didirikan pada tanggal 15 Nopember 2000 dengan SK Dekan FEB UNDIP. "Kegiatan dalam LSKE yaitu menyediakan database ekonomi, yaitu  basis data-data ekonomi yang tersedia dalam file komputer, divisi Publikasi dan Seminar, bertujuan menyelenggarakan seminar yang  dilaksanakan secara periodik (per semester atau per tahun), divisi Pelatihan, Diskusi dan Kajian Rutin, bertujuan untuk  menyelengarakan  pelatihan, diskusi maupun kajian rutin".
  • Laboratorium Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (LIESP) : Laboratorium Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (LIESP) ini berada di bawah Jurusan IESP yang didirikan pada tahun 2005 dengan SK Dekan FEB UNDIP Nomor: 1375/J07.I.1/KP/2005 tertanggal 2 Mei 2005. Adapun tugas dari LIESP adalah "Melakukan penelitian di bidang ekonomi, mensosialisasikan hasil penelitian dan mengimplementasikannya dalam kebijakan ekonomi, melakukan studi lapangan, meningkatkan kemampuan keilmuan bagi dosen, koordinasi dan melaporkan semua kegiatan baik administrasi umum dan keuangan kepada Ketua Jurusan IESP dan Pimpinan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Unversitas Diponegoro. Bentuk-bentuk aktivitas yang dilakukan oleh LIESP adalah: pelatihan, penelitian, seminar, dan konsultasi. Penyelenggaraan aktivitas-aktivitas tersebut disesuaikan dengan program LIESP dengan swadaya maupun dalam bentuk kerjasama dengan instansi lain yang terkait".
  • Laboratorium Manajemen (LM) : Laboratorium Manajemen berdiri pada tanggal 19 Desember 2003, yang didirikan berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Diponegoro Nomor 3543/J07.I.12/KP/2003. Pendirian LM dengan latar belakang untuk mengoptimalkan kekuatan yang memiliki kontribusi bagi perkembangan Jurusan Manajemen baik dari sisi teoritis maupun bentuk praktis serta untuk merespon makin banyaknya peluang tawaran kerjasama dari berbagai instansi dan perusahaan kepada Jurusan Manajemen FEB UNDIP. Secara rinci LM mempunyai tugas "Melakukan penelitian di bidang manajemen, melakukan diskusi, seminar, lokakarya, melakukan seminar hasil penelitian maupun hasil diskusi, mengadakan pelatihan dan konsultansi, serta kerjasama dengan instansi-instansi lain".
  • Laboratorium Pengembangan Akuntansi (LPA) : Laboratorium Pengembangan Akuntansi (LPA) didirikan pada tahun 2002 di bawah Jurusan Akuntansi. Laboratorium ini didirikan dalam rangka pengembangan, pengkajian, dan pengimplementasian bidang ilmu akuntansi, audit, pajak, dan bidang-bidang yang terkait dengan akuntansi. LPA menjalankan berbagai macam kegiatan, antara lain "Melakukan penelitian di bidang Akuntansi, melakukan dan mengimplementasikan hasil penelitian dalam kebijakan akuntansi, melakukan Studi Lapangan, meningkatkan sumberdaya manusia dilingkungan internal maupun eksternal, melakukan seminasi hasil penelitian maupun hasil diskusi, mengadakan pelatihan dan konsultasi, melakukan kerjasama dengan pihak-pihak eksternal  (Pemerintah, Perusahaan dan Masyarakat) dalam rangka mengembangkan teori dan praktek akuntansi serta perpajakan."
  • Laboratorium Perbankan Syariah (Labasya) : Laboratorium Perbankan Syariah (Labasya) didirikan pada tahun 2014 di bawah Program Studi Ekonomi Islam FEB UNDIP. Laboratorium ini didirikan dalam rangka pengembangan pengkajian dan pengimplementasian perbankan syariah. Labasya menjalankan berbagai macam kegiatan antara lain "Melakukan Diskusi rutin terkait dengan perkembangan perbankan syariah, baik terkait dengan teori, kebijakan maupun implementasinya, melakukan penelitian-penelitian untuk menganalisis fenomena yang terjadi di perbankan syariah, memberikan pelatihan praktis dalam operasional perbankan syariah bagi pihak yang membutuhkan dan memberikan jasa konsultasi terhadap praktik perbankan syariah agar sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan."
  • Laboratorium Bahasa Arab dab Ushul Fikih (L-BAShufe) : L-BAShufe dibentuk dalam Program Studi Ekonomi Islam FEB UNDIP. Laboratorium ini didirikan dalam rangka pengembangan pengkajian dan pengimplementasian perbankan syariah. L-BAShufe lahir untuk menjawab tantangan dalam pengembangan ilmu ekonomi islam melalui Bahasa Arab dan Ushul Fiqh. L-BAShufe melakukan berbagai macam kegiatan antara lain "Mengadakan kursus Bahasa Arab dan kajian Ushul Fiqh, menyusun kurikulum, buletin, buku, dan modul, membuat media studi pengajaran Bahasa Arab dan Ushul Fiqh, mengadakan seminar dan sejenisnya untuk pengembangan pembelajaran bahasa Arab dan Ushul Fiqh, Bedah lagu/film/video Bahasa Arab, Field tripmengunjungi tempat yang mendukung perkembangan Bahasa Arab baik di dalam maupun luar negeri."
0 0 0
Loading...

Connect with FEBUNDIP